Anak-anak balita akan mudah memepelajari kata-kata baru jika mereka berhasil menemukan sendiri makna kata tersebut. Ini temuan risert yang dilakukan terhadapa 100 orang anak usia 36-34 bulan oleh Meredith Brisnter dari Johns Hopkins University AS.
Brinster meneliti dengan 2 cara untuk mengajarkan kata-kata baru kepada anak balita. Pertama dengan cara mengatakan kata baru tersebut kepada anak untuk dihafalkan. Cara kedua yaitu dengan memberi kesempatan kepada balita mengalami atau menemukan sesuatu yang berkaitan dengan makna dari sebuah kata yang belum dikenalnya. Baru setelah itu, anak diberi tahu bahwa apa yang ditemukan atau dialami itu disebut dengan suatu istilah tertentu.
Brinster awalnyaa menunjukkan gambar dari beberapa benda yang sudah dikenal dan benda yang belum pernah dilihat para sukarelawan ciliknya. Setelah itu, mereka dibiarkan bermain dengan kedua macam benda tersebut. Ketika para balita itu diminta mengidentifikasikan nama benda-benda tersebut, mereka lebih mudah mengenal benda yang baru dengan memainkannya lebih dulu ketimbang hanya dengan menunjukkan gambarnya.
0 komentar:
Posting Komentar